Batas Benua Asia Beserta Macam-Macam Benua Beserta Wilayahnya

Benua Asia adalah benua paling penting dan paling beragam di muka bumi. Batas benua Asia terbentang dari Eropa Jepang hingga Samudera Pasifik. Dikenal dengan kekayaan tradisi dan sejarahnya, Asia menyediakan lingkungan yang indah dengan beragam keanekaragaman.

Mengingatkan kita pada Gunung Everest di Himalaya dan Gurun Gobi yang luas. Negara-negara tersebut termasuk negara-negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, dan Singapura, serta negara-negara berkembang seperti Tiongkok dan India, dan Asia dianggap sebagai pusat inovasi dan pembangunan keuangan dunia.

Benua ini kaya akan keanekaragaman hayati, seperti hutan tropis Asia Tenggara dan biota laut di Laut Cina Selatan. Asia memang menghadirkan kemakmuran dan tantangan dalam dunia fashion.

benua Asia

Jika dilihat dari koordinatnya, benua Asia terletak pada 11 derajat lintang utara hingga 80 derajat lintang selatan. Garis bujurnya adalah 26 derajat sampai 170 derajat BT. Namun, perbatasan benua Asia menghubungkan banyak benua di bumi.

Meski banyak perbedaan pendapat, namun secara umum terdapat enam benua di bumi. Mulai dari benua Afrika, Amerika, Antartika, Asia, Australia dan Eropa. Luas benua Asia adalah 44 juta kilometer persegi. Jadi mewakili 29,5 pc dari seluruh luas lantai bumi.

Dengan luasnya wilayah tersebut, benua Asia terbagi menjadi enam wilayah, yaitu Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Utara. Masing-masing memiliki perbatasan dan benua berbeda di dalam wilayahnya.

Pembagian benua Asia

Sebuah survei besar-besaran di Asia menunjukkan bahwa kawasan ini terbagi. Kawasan Asia terbagi menjadi 5 wilayah, namun biasa disebut enam wilayah karena sebagian Rusia bisa menjadi bagian dari benua Asia yang disebut Asia Utara. Berikut alasannya:

1. Asia Timur

Ini mencakup wilayah Tiongkok, Jepang, dan Korea, yang terdiri dari delapan lokasi internasional: Tiongkok, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara, Makau, Mongolia, dan Taiwan. Wilayah ini merupakan sub-wilayah dari benua Asia.

2. Asia Tenggara

Wilayah ini terdiri dari 11 negara, terutama Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam. Wilayahnya meliputi Semenanjung Malaka dan beberapa pulau di sekitarnya selain wilayah Indochina.

3. Asia Selatan

Wilayah ini terdiri dari tujuh negara: Bangladesh, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka. Wilayahnya meliputi Asia Selatan dan India.

4. Asia Barat

Wilayah ini mencakup negara-negara utama, 18 negara: Arab Saudi, Armenia, Azerbaijan, Bahrain, Irak, Iran, Israel, Kuwait, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Siprus, Suriah, Turki, Uni Emirat Arab. Emirates, Yaman dan Yordania. Tanahnya terletak di benua Asia Barat dan Timur Tengah.

5. Asia Tengah

Wilayah ini terdiri dari lima negara: Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Wilayahnya melampaui benua Asia bagian tengah dan seterusnya

6. Rusia atau Asia Utara

Meski secara resmi bukan bagian dari Asia, sebagian Rusia merupakan bagian dari apa yang dikenal sebagai Asia Utara, yaitu wilayah Siberia. Berbagai wilayah di Rusia berada di komponen kontinental Jepang.

Batas-batas benua Asia

Berdasarkan geografi, Bumi terdiri dari benua dan lautan luas terdiri dari samudra dan lautan. Benua Asia, sebagai salah satu dari enam benua di Bumi, sebenarnya berbatasan dengan benua yang berbeda-beda.

Jika disimak, benua ini terletak di antara benua Afrika dan benua Eropa. Batas antara Asia dan Afrika adalah Pegunungan Ural serta dataran rendah Sungai Ural di bagian selatan. Terdapat dataran tipis yang menghubungkan 2 benua, yaitu Gunung Sinai.

Berikut ini adalah batasannya:

  • Separuh bagian utara berbatasan dengan Laut Baring dan Samudra Arktik
  • Separuh wilayah Jepang berbatasan dengan Samudera Pasifik
  • Di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia
  • Separuh barat berbatasan dengan benua Afrika, benua Eropa, Laut Merah, dan Laut Mediterania.

Cuaca lokal di benua Asia

Karena luasnya yang sangat luas, dari perbatasan benua Asia terlihat ada wilayah yang sangat berbeda dengan iklim yang sangat berbeda. Beberapa bagian benua Asia mempunyai cuaca lokal dengan 4 musim. Sedangkan biasanya di daerah beriklim tropis dan subtropis.

1. Cuaca lokal tropis

Wilayah benua Asia yang mempunyai cuaca lokal tropis adalah Asia Tenggara dan juga pantai barat India. Ciri-ciri cuaca lokal tropis adalah dipengaruhi oleh musim hujan. Suhu udara konvensional berkisar antara 20-27°C dengan tekanan udara yang relatif rendah.

2. Cuaca lokal subtropis

Sebagian besar Asia Timur mempunyai cuaca lokal seperti ini, jadi ada 4 musim. Yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Pada musim panas, iklimnya tidak terlalu panas dan pada musim dingin tidak terlalu dingin. Curah hujan rata-rata.

3. Cuaca lokal sedang atau angin topan

Hal ini sering terjadi di sebagian kecil Asia Timur. Berdasarkan identifikasi, tempat ini biasanya mengalami badai akibat penyesuaian tekanan udara yang mudah. Namun curah hujannya relatif rendah.

4. Cuaca lokal yang buruk

Suhu di kawasan ini selalu rendah dan bagian dari kawasan pengalamannya adalah salju abadi. Oleh karena itu, suhu biasanya turun di bawah titik beku. Wilayah Siberia di Rusia merupakan wilayah di Asia yang mengalami cuaca lokal seperti ini.

5. Cuaca gurun lokal

Ciri-ciri cuaca lokal gurun adalah curah hujan dan kelembapan udara yang rendah, namun penguapan yang berlebihan. Wilayah di benua Asia yang mempunyai iklim gurun adalah gurun Gobi, Mongolia, Tibet, dan Arab.

Musim dingin di benua Asia

Batas-batas benua Asia tidak hanya mengatur iklim di wilayah tersebut, tetapi juga menyebabkan pengaturan musim. Berikut beberapa musim di Asia:

1. Musim kemarau

Dalam hal ini kisaran kelembapan udara sangat rendah dan hujan cenderung jarang terjadi. Hal ini biasanya berujung pada bencana kekeringan di beberapa daerah. Musim ini sangat dipengaruhi oleh musim hujan.

2. Musim hujan

Berbeda dengan musim kemarau, curah hujan kini akan meningkat. Daerah yang mempunyai musim hujan dan kemarau merupakan titik internasional Asia Tenggara dan Asia Timur. Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami setiap musim.

3. Musim semi

Musim semi merupakan salah satu dari 4 musim di iklim subtropis. Musim ini adalah musim dimana tanaman mulai berkembang setelah akhir musim dingin. Curah hujan juga mulai meningkat.

4. Musim panas

Musim ini berlangsung setelah musim semi berakhir. Tanaman akan tumbuh subur selama ini karena masih mengalami kesuburan musim semi. Namun, pada akhir musim panas, tanaman akan mulai menipis atau rusak sebelum musim gugur. Curah hujan bisa sangat deras dan disertai angin.

5. Musim gugur

Kini tanaman tersebut akan menggugurkan daunnya akibat penumpukan senyawa alami. Suhu juga mulai turun sebagai persiapan peralihan ke musim dingin.

6. Musim dingin

Pada musim ini, tanaman biasanya tidak mempunyai daun. Suhu sering kali turun hingga kisaran yang sangat rendah dan disertai angin. Tidak semua wilayah mengalami musim dingin bersalju, namun suhu tetap rendah dan dingin.

Suatu jenis ras di benua Asia

Di sepanjang perbatasan benua Asia, dapat diketahui bahwa setiap wilayah berbatasan dengan wilayah yang berbeda dengan suku yang berbeda pula. Dengan luasnya yang sangat besar, berbagai ras di benua Asia mencakup tiga ras berbeda yang masing-masing memiliki ciri dan kelebihan pribadinya masing-masing.

Namun ketika dibuka, penduduk benua Asia juga merasakan adanya kombinasi ketiga jenis ras tersebut saat ini. Seperti penduduk Bahrain dan Qatar, mereka merupakan gabungan dari bule dan Zanj.

1. Kepala Mongolia

Tipe ras ini mengacu pada kelompok etnis dengan ciri fisik berbeda yang banyak ditemukan di banyak wilayah Asia. Ciri khas ras Mongoloid antara lain mata dengan kelopak mata terlipat, pori-pori dan kulit berwarna kecokelatan, rambut lurus dan hitam, serta bentuk wajah yang cenderung bulat.

Kelompok etnis Mongolia tersebar luas di berbagai negara Asia seperti Cina, Jepang, Korea, Mongolia, Vietnam dan sekitarnya. Selain itu, suku asli Amerika Utara juga termasuk dalam kelas ini, menunjukkan jejak migrasi bersejarah dari Asia ke Amerika melalui Beringia.

Ras ini terbagi menjadi ras Asia Utara, ras Asia Tenggara, dan ras Indian Amerika. Mereka biasanya tinggal di Asia Tenggara, Jepang, dan Utara, Madagaskar, India Timur Laut, Amerika Selatan dan Utara, selain Eropa Utara.

2. Ras Kaukasia

Kelompok etnis ini dicirikan oleh ciri-ciri fisik yang khas komponen Eropa, Timur Tengah, dan Asia Tengah. Ciri khas ras bule antara lain kulit yang bervariasi mulai dari pucat hingga coklat, rambut yang bermacam-macam baik lurus maupun keriting, serta bentuk wajah.

Ras bule juga memiliki keragaman etnis dan bahasa yang luas, mirip dengan ras Arab, Slavia, dan lain-lain. Kisaran ini merupakan cerminan dari sejarah migrasi, interaksi budaya, dan perubahan sosial yang kompleks.

Mereka biasanya tinggal di Asia utara dan tengah, Afrika utara dan selatan, Timur Tengah, Pakistan, Eropa, India utara, Amerika Utara dan Selatan, Australia dan Selandia Baru.

3. Bangsa Negro

Suku bangsa ini mempunyai ciri fisik khas yang umum ditemukan di Afrika Sub-Sahara dan sekitarnya. Ciri-ciri yang membedakan ras Negro antara lain kulit berwarna gelap hingga hitam, rambut keriting atau keriting, serta bentuk wajah lebar dengan lubang hidung dan bibir yang menonjol.

Migrasi manusia yang bersejarah juga membawa warisan genetik ras Negro ke banyak wilayah seperti Karibia, Amerika Latin, Amerika Utara, dan Asia Selatan (Sri Lanka) yang berdampak besar pada tradisi dan identifikasi masyarakat adat.

Diam-diam

Perbatasan benua Asia rupanya membawa pengaruh baik bagi seluruh penduduknya. Misalnya saja wilayah perbatasan akan berdampak pada kebalikannya tradisi perayaan dan kehidupan masyarakat lainnya. Ada pula variasi cuaca lokal, musim, bahkan jenis ras manusia yang menghuninya.

Namun, sebagai bagian dari dunia, benua Asia tidak bisa berdiri sendiri. Dalam rentang yang baik ini, seluruh negara di benua Asia harus bekerja sama dengan berbagai negara di benua lain. Sehingga batas benua yang ada saat ini tidak menjadi penghalang komunikasi satu sama lain.

Share to...